Aurora Borealis : Cahaya menari di utara bumi

Aurora itu sebenernya.. nama salah satu temenku di SMP dan SMA. Nama panjangnya Release Aurora Monica Prasetyo, dipanggil rora atau au (kenapa jadi perkenalan begini sih -_-"). Nggak,bukan maksud mau memperkenalkan Au ke khalayak ramai, cuma aku pernah sekelas sama dia, dan pas ditanya guru bahasa indonesia, yang aku inget artinya nama "aurora" itu pelangi. Dan saat SMA juga, aku baru tahu ada fenomena alam yang indah banget yang bernama Aurora, dan itu bukan pelangi.

Aurora itu adalah pancaran cahaya yang menyala-nyala, meliuk indah pada lapisan ionosfer dari sebuah planet yang terjadi akibat interaksi antara medan magnetik dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari. Fenomena Aurora ini terjadi di dua tempat di bumi, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kalau yang di kutub utara dinamakan Aurora Borealis dan kalau yang di kutub selatan dinamakan Aurora Australis. Aurora merupakan nama dewi fajar romawi dan boreas itu adalah angin utara dalam bahasa yunani. Kalau aurora australis, ya mungkin gara-gara kutub utara yang deket benua australia jadi dinamain australis.

Menurutku, aurora ini salah satu kejaiban indah yang diturunkan Tuhan di bumi. Bayangin aja, cahaya besar yang warnanya merah,hijau,biru,ungu yang berkolaborasi dengan langit malam hari, lalu cahaya itu meliuk-liuk indah di angkasa. Ga mungkin bisa dibuat dengan cara apapun. National geographic sendiri nyebut Aurora Borealis sebagai "Fire in the Sky". Dan menurut youtube, negara dengan pemandangan aurora terindah adalah di norwgia. Bahkan norwegia sendiri, mempromosikan aurora sebagai salah satu alasan buat para manusia di seluruh dunia untuk datang ke norwegia :)

Nih link youtube buat kalian yang pingin liat aurora borealis, sebelum liat langsung ke kutub utara  :p

https://www.youtube.com/watch?v=5MVXCzChWnk

dan ini beberapa fotonya dari google image



gue pingin liat yang  kaya gini, pak haji (ngomong sama haji lulung )

Sekian, semoga bermanfaat

(Dan ternyata.. dari sekian banyak hal indah dan ajaib di muka bumi -- bahkan ketika aurora-pun ada dua, di kutub utara dan selatan-- kami tertuju pada satu hal yang sama, aurora borealis. He said, he must go there before die,dan jawaban itu berhasil membuatku menganga, kemudian tersenyum)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

len-jelenan ke bali jegeg

Just a reminder :)

Inspirasi Perjuangan dari seorang Karmaka Surjaudaja