Travelling ke Semarang

Perjalanan ini udah direncanain sama mama dan aku pas minggu ketiga bulan Maret. Berawal dari sebuah obrolan iseng malam-malam sebelum tidur. Kebetulan tanggal 25-27 Maret 2016 itu long weekend. Aku bilang ke mama buat jalan-jalan di long weekend ini, suntuk banget soalnya di rumah. Mikir-mikir mau kemana. Aku udah pernah nih jalan-jalan ke beberapa kota di Jawa, tapi aku belum pernah ke kota Semarang. Sebagai seorang pemudi yang hasrat keingintahuannya besar, yaudah akhirnya aku ngajakin mama pergi ke Semarang. Mama pun mengiyakan. Kami sepakat untuk pergi berdua.

Beberapa hari kemudian, aku nyoba nyari tiket kereta. Awalnya sempet Pa Sai yang harus nyariin di stasiun Probolinggo. Ternyata ga ada, udah abis. Akhirnya aku yang ngebet banget pingin naik kereta, nyoba nyari secara online. Bingung banget soalnya pada abis, ada juga kereta bisnis dan itu mahal. Niat sama mama sebenernya jalan-jalan kali ini ga boleh ngabisin duit banget, harus hemat. Mama sempet juga tapi ngusulin naik pesawat.  Setelah ngecek, ternyata ada sih penerbangan pake Garuda Indonesia, dan harga tiketnya diluar perkiraan budget kami. Akhirnya balik lagi ke opsi kereta api. Setelah menulusuri berbagai opsi stasiun keberangkatan dan stasiun kedatangan, Alhamdulillah nemu juga kereta namanya Cepu Ekspress dengan harga Rp 70.000 berangkat dari stasiun Pasar Turi Surabaya tujuan akhir Stasiun Poncol Semarang. Pas aku bilang ke mama, mama langsung bilang yes. Oke, akhirnya itu tiket dipesan dan dibayar di Indomaret. Satu masalah selesai.

Masalah berikutnya adalah mau tidur mana nanti pas di Semarang? Prinsip travelling hemat tetep dipegang, tapi males banget kalau harus nginep di tempat orang. Berbekal koneksi internet, aku nyoba nyari penginapan yang murah di Semarang. Segala situs yang nyediain informasi tentang hotel dan penginapan aku bukain. Sambil banding-bandingin harga juga sih hahaha. Ingat, Travelling hemat. Ketemulah dengan situs pegipegi.com. Scroll scroll ke bawah, nemu penawaran yang fantastis. New Metro Hotel executive room diskon 75% dari harga Rp 880.738 jadi Rp 223.140 per malam! Wow wow wow. Langsung aja aku screenshoot. Kirim ke wasap mama. Mama pun menjawab “Ya.. itu sj sarapan gampang”. Soalnya itu nggak termasuk sarapan hehe. Yuhuu, dipesan deh. Bayarnya lewat ATM Mandiri. Hidup terasa lebih mudah.

Beberapa hari sebelum keberangkatan, mama ngubungin saudaranya temennya mama, saudaranya Pak Aring, namanya Tante Ning. Namanya sama dengan mama aku hehe. Tante Ning baik banget, nawarin nganterin dan minjemin mobilnya sampe kami puas jalan-jalan. Alhamdulillah, makin seneng deh.

Hari keberangkatan pun tiba. Tanggal 24 malam sampe 25 pagi aku nggak tidur, takut kebablasan ketiduran. Kami memutuskan buat berangkat dari rumah jam empat pagi. Meskipun sebenernya kereta baru berangkat jam setengah 10 pagi dari Surabaya dan Probolinggo-Surabaya itu cuma 2,5 jam sih. Beberapa hari sebelumnya, aku sempet tanya lewat Line ke temenku, namanya Hendrawan Setyanto, anak Surabaya, dari terminal bungurasih ke Stasiun Pasar Turi naik apa. Hend pun ngasih tau, harus oper angkot dua kali, dan kira-kira waktunya 1 jam gitu soalnya jauh. Aku dan Mama takut ketinggalan kereta banget, yaudah kami memutuskan untuk berangkat lebih awal. Jam empat dari rumah, ke terminal Bayuangga Probolinggo. Kami cuma bawa satu tas buat baju, satu tas tenteng buat makanan, satu tas ransel yang aku bawa dan satu tas selempang punya mama. Tanpa koper *bangga banget*. Bisnya langsung berangkat. Abis bayar karcis, kamipun memutuskan buat tidur. Bangun-bangun udah mendarat cantik di Terminal Purabaya. Sebelum melanjutkan perjalanan kami makan dulu. Makan rawon di deket pintu masuk. Sayangnya rawonnya mengecewakan, kurang panas. Kami pun kecewa. Nggak lama kami akhirnya ngelanjutin perjalanan pake bus kota, bukan naik angkot wkwk. Sempet nunggu beberapa menit dan akhirnya bus kotanya berangkat. Jalannya lurus aja sih kayanya. Jalanan masih sepi banget. Saat itu jam di hp menunjukkan angka tujuh. Nggak sampe satu jam, kami udah nyampe di depan stasiun pasar turi.

Nyampe stasiun, kami mampir indomaret buat beli-beli berbagai macam hal buat persiapan di kereta nanti. Setelah itu, kami ke tempat tiket dan aku langsung nyetak tiket yang sudah dipesan online itu. Masukin kode bookingnya, cek dan print. Yeeah! Dua tiket cepu ekspress di tangan. Di saat itu sempet ditepon Mas Rusman yang ngucapin selamat ultah buat aku hehe, niatnya mau ngerjain sih kayaknya, tapi sayangnya aku udah nyimpen nomernya haha jadi tau deh kalo yang telpon Mas Rusman. Aku dan Mama beberapa saat nunggu di depan loket. Nggak jelas ngapain. Kami akhirnya bergerak menuju ruang tunggu dalam stasiun. Ngobrol-ngobrol dan akhirnya penumpang cepu express dipersilakan untuk antri pengecekan tiket. Antri antri, masuk peron, langsung menuju kereta. Kami di gerbong 2  kursi 2A dan 2B. Keretanya beda, nggak kaya kereta biasa. Lebih kecil dan nggak ada kereta restorasinya. So, selama perjalanan ga ada yang jualan. Pas bangetnya, di gerbong aku, ACnya mati. Gerah naudzubillah. Buat mengatasinya, sengaja banget pintu penghubung antar gerbong dibuka, biar ada udara masuk. Padahal seharusnya yah, gaboleh dibuka. Mama sampe sempet ngomel sama petugasnya. Penumpang kereta depan aku itu mbak-mbak dan ibunya. Kami beempat ya ngobrol deh. Kami sempet turun di cepu dan beli nasi pecel dan pentol bakso, buat ngeganjel perut yang mulai keroncongan. Mbak dan ibu-ibu yang ada didepan kami turun di.. ah lupa nama stasiunnya. Jawa Tengah juga sih. Terus diganti deh sama mas-mas. Canggung banget aku di depan mas-mas. Mama dan aku di kereta sempet selfie banget. Nggak mau berhenti eksis haha.

Kami harusnya sampai jam setengah 4 sore. Sampai di stasiun tawang (yang bukan tujuan akhir kami di tiket), tiba-tiba sama tante Ning disuruh turun situ aja soalnya lebih deket. Aku yang masih bego banget abis bangun tidur nyawa belum kumpul, Cuma bisa bengong pas mama ngajak turun dan ngotot keretanya bentar lagi berangkat. Mama langsung kemas-kemas barang dan ngajak aku turun. Aku ngikut aja dengan nyawa masih setangah-setengah. Kami pun turun di stasiun tawang. Untung belum berangkat tuh kereta. Kami langsung disambut hujan deras. Sempet tanya-tanya ke tante Ning dan disaranin naik taksi ke hotel yang ternyata deket dari stasiun. Nerobos ujan dikit, dan alhamdulillah naik taksi menuju hotel.

Sampe di hotel langsung check in, dapet kamar lantai tiga, kamarnya nomer 3254, letaknya di pojokan. Nyampe kamar, langsung bahagia. Kamarnya persis di gambar internet. Seneng banget. Aku langsung ganti baju, gerah banget soalnya. Baju udah basah keringet, bau apek. Ih enggak banget pokoknya. Langsung mandi, nonton tv sambil istirahat di kasur. Capeeeek. Nggak tidur sih, tiduran aja sampe magrib hehe.

Sempet banget selfie pas naik becak :p
Mama yang capek banget tidur dari magrib sampe Isya. Jam setengah delapan malam akhirnya kami keluar hotel buat beli makan malam. Kami memutuskan buat naik becak buat beli lalapan. Kami ngelewatin jalan sebelah Pasar Johar yang sebelahan sama hotel. Kami juga ngelewatin beberapa gedung tua di sekamir Kota Lama. Sama pak becaknya dianterin ke Ikan Bakar Cianjur, pas didepan Gereja Blenduk. Makan-makan, ngobrol kaya orang ngedate sama mama. Sempet fotoin gereja blenduk yang terkenal itu dan akhirnya pulang lagi ke hotel naik becak yang sama. Kenyang dan Bahagia. Nyampe kamar kami ngobrol, nonton tv tepatnya nonton the voice di rcti, online sambil chatousan, terus abis the voice kelar aku tidur.

Besoknya, tanggal 26 Maret 2016, bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi. Habis mandi, nggak membersihkan tempat tidur sih haha, langsung ganti baju soalnya kata mama mau dijemput tante Ning jam 9 kalo ga salah. Aku langsung ganti baju aja, nyiapin tab buat foto-foto dan jam 9an kami udah dijemput sama tante Ning dan suaminya, ada adik-adik juga, lupa namanya sama pak supir namanya Pak Jas. Kami naik mobil Karimun Wagon R warna Hijau. Alhamdulillah cukup banget buat kami berenam. Mobil bergerak buat nganterin tante Ning dulu sama suaminya dan adek itu ke Gereja Advent Semarang. Setelah nganterin tante Ning ke Gereja, aku dan Mama dianterin Pak Jas ke Pantai Marina yang nggak jauh dari sana. Pantainya kaya pelabuhan di Probolinggo sih. Pasirnya warna hitam. Kami yang belum sarapan akhirnya memutuskan untuk beli tahu gimbal. Tahu gimbal itu makanan khas Semarang. Kaya tahu tek gitu tapi ada peyek udangnya dan peyeknya dipotong-potong. Minumnya es campur. Kenyang Alhamdulillah. Selesai makan-makan sambil ngeliatin laut, kami foto-foto. Banyakan aku sih yang minta foto ke Mama hehehehe.
Pantai Marina
Tahu Gimbal

Setelah puas, kami pun menuju destinasi selanjutnya yaitu.. Lawang Sewu. Jalannya nggak jauh-jauh juga, tapi nggak deket juga. Sedang sedang lah. Nyampe lawang sewu, kendaraan rame banget. Maklum lah yaa, lagi liburan. Banyak banget wisatawan. Kami langsung turun, beli tiket masuk yang harganya Rp 5000 per orang. Masuk ke Lawang Sewu takjub sih sama arsitektur gedungnya yang klasik banget, Belanda banget. Aku dan Mama langsung keliling-keliling. Gedung itu isinya pintu semua. Asli. Dimana-mana ada pintu. Sempet bertanya-tanya sih dalem hati, nih Belanda ngapain sih repot-repot amat bikin gedung isinya pintu semua hahaha. Kami foto-foto, keliling gedung itu, tapi kemudian mama dan aku berpisah, kayanya mama capek jalan. Ya udah akhirnya aku ngiterin lawang sewu sendirian kaya anak ilang sambil bawa tab. Sempet nelponin mama dan ga diangkat-angkat. Panik. Nggak lucu kan kalo harus nyasar di lawang sewu? Tapi setelah dari lantai dua dan liat ke arah pelataran tengah, aku nemuin mama lagi duduk-duduk di bawah pohon sama wisatawan lainnya. Alhamdulillah. Setelah nemuin mama, aku nggak langsung turun. Aku malah foto-fotoin semua sudut bangunan, soalnya nuansanya classy abis. Seneng ngeliatnya. Ada juga satu spot yang instagramable banget, semua wisatawan pasti banget rasanya foto disitu. Jadi dalam satu lorong gitu ada beberapa pintu kaya unlimited gitu kesannya, kaya udah menuju alam lain *lebay*. Aku kelilingin semua gedung gitu. Sempet lewat juga ada pintu bawah tanah. Tapi cuma dilewatin dong. Oiyaaa, sempet juga foto pake jasa fotografer disana. Rp 50.000 dapet tiga foto. Lumayan deh buat kenang-kenangan. Setelah puas foto dan kelilingin lawang sewu, kami akhirnya beranjak dan pergi menuju tempat selanjutnya.
Depan Lawang Sewu

Pintu semuaaaa...
Macan (Mama Cantik) ^^
Destinasi selanjutnya yang dikunjungin yaitu masjid agung Jawa Tengah. Mama sebenernya nggak mau turun, pinginnya keliling aja. Tapi aku pingin turun banget, soalnya mau liat masjid agung yang punya payung kaya masjid Nabawi. Pas juga dhuhur waktu itu. Masuknya Rp 2000 buat satu mobil. Kami akhirnya menuju masjid, ambil wudhu, sholat dhuhur disana. Mama kemudian tidur sebentar 15 menitan. Aku duduk disampingnya sambil mainan tab. Setelah mama bangun, aku izin buat kelilingin masjid. Nyampe depan pintu masuk aku terkesima sendiri. Ada enam payung yang lagi tertutup dan megah banget. Ada al-quran terbesar juga disana. Setelah puas keliling masjid, ngambil beberapa foto buat kenang-kenangan, akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke destinasi selanjutnya yaitu kelenteng terbesar di Asia Tenggara, Sam Poo Kong.
Masjid Agung (payungnya)

Jalannya lumayan jauh sih menurutku, tapi masih kota Semarang. Nyampe sana udah ada tulisan besar di depan “SAM POO KONG”. Saat itu, panas terik. Rasanya matahari pas banget di atas kepala. Kami masuk dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang. Sebelum ngelilingin kelenteng, kami duduk dulu dibawah pohon rindang disitu. Istirahat sambil ngabisin asinan mangga yang mama beli di depan lawang sewu. Setelah abis, kami akhirnya mulai ngelilingin sam poo kong. Ternyata buat masuk ke area sembahyang kelenteng, harus bayar lagi Rp 20.000. Karena penasaran, mama akhirnya bayar lagi dan kami masuk ke area sembahyang. Kami foto-foto disana, sambil mensyukuri betapa kayanya Indonesia dengan berbagai etnis dan budaya yang ada. Mama yang capek akhirnya kembali duduk dibawah pohon rindang, sedangkan aku yang haus jalan ini pergi menuju patung Laksamana Cheng Ho dan gapura kuil. Foto-foto sendiri, selfie sendiri, keliling dibawah panas matahari. Setelah puas keliling, kami pun memutuskan buat pulang dan nggak jadi ke gua kreyo, karena udah capek banget.
klenteng sam poo kong

Kami dan Pak Jas makan siang di soto apa gitu.. soto pak Ari kalo ga salah. Mangkoknya kecil, berasa ga kenyang makannya. Mau nambah sebenernya tapi malu hahaha. Setelah makan, kami langsung baik ke gereja advent buat nyusul tante Ning pulang dari gereja. Kami juga sempet banget dilewatin di Pelabuhan Tanjung Emas buat liat-liat kapal gede. Hampir sama sih kaya Tanjung Tembaga Probolinggo. Tapi lebih gede *yaiyalah*. Akhirnya sore sekitar jam lima, kami dianter lagi ke hotel New Metro. Mama dan aku sebelum balik ke hotel sempet ke Pasar Johar yang letaknya pas banget di depan hotel kami. Aku membeli sepasang sepatu dan mama membeli kerudung. Aku yang udah kelelahan pingin cepet-cepet rebahan di kasur hotel. Sore itu membahagiakan sekali, sekaligus melelahkan sekali.

Malemnya nih, sama tante Ning dan suaminya, kami diajakin jalan. Kan malam itu malem minggu, pas banget pasti rame. Kami diajak ke simpang lima Semarang. Nyampe sana riweuh banget, rame. Harus nyebrang dulu lagi dari parkiran mobil. Simpang lima banyak becak lampu gitu sama sepeda tandem. Tapi aku ga naik, ngeliatin doang hehe. Kami foto-foto disana. Setelah keliling setengah putaran simpang lima, kami memutuskan buat cari tempat lain. Niatnya sama tante Ning kami mau diajakin ke Taman KB alias Taman Janda yang di tengah-tengahnya ada patung ibu-ibu dengan dua anak. Kami juga sempet lewat ke Banjir Kanal. Malem itu lumayan rame sih disana tapi remang-remang gitu masa.
Nak gaul simpang lima :o

Entah mama dapat ide darimana, mama bilang ke tante Ning pingin liat pemandangan semarang dari atas pas malam hari. Akhirnya kami diajak ke daerah bukit gombel. Sempet lewat TPU Bergota yang didalamnya ternyata bukan hanya ada kuburan tapi juga ada rumah penduduk. Buset dah. Katanya sih, di belakang rumah penduduk pas dibuka pintunya aja langsung kuburan. Kok bisa banget sih tinggal di dalem kuburan? Nah, sampe di bukit gombel, kami makan malam di restoran Alam Indah. Cucok banget tempatnya. Disana kami bisa liat Semarang malam hari dari dataran tinggi. Makanannya juga yahud. Ah indah deh pokonya. Sambil nunggu pesanan dateng, kami foto-foto dong. Jelas biar eksis. Setelah kenyang kira kira jam setengah 10 kami pulang. Kami adalah tamu kedua terakhir yang pulang dari restoran itu ^^. Nyampe hotel ngerasa bahagia banget. Aku langsung ganti baju, cuci kaki, segera menuju kamar tidur yang udah rapi karena dibersihin petugas kebersihan hotel. Nonton the voice lagi dengan babak the battle.
Sama Bu Ning dan Tante Ning

Besok paginya, tanggal 27 Maret 2016, bangun dengan hati gembira sekaligus agak sedih. Itulah hari terakhir aku dan mama liburan ke Semarang. Pagi-pagi aku udah disuruh mama buat keluar hotel, beli nasi putih dan teh anget di warung. Hari kemarin, kami sempet beli lauk nasi padang dan disimpen di kulkas hotel karena nggak sempat dimakan. Lauknya akhirnya akan dimakan sebagai sarapan hari itu. Aku yang laper tapi mager ini kemudian ganti baju dan langsung cuss keluar hotel menuju arah pasar johar buat cari warung nasi yang udah buka. Jalan.. jalan dan akhirnya nemu juga. Ke warung nasi cuma beli nasi putih dua bungkus dan teh hangat sebungkus. Benar-benar kek anak kos. Lauk berupa rendang dan telur berbumbu yang dingin hampir beku itu akhirnya dipanasin dengan bantuan panas matahari biar agak cair. Ide yang sangat absurd dari aku dan disetujuin sama mama ini berhasil. Lauk yang tadinya hampir beku mulai mencair. Ajaibnya, pas dimakan lauknya masih enak. Alhamdulillah ya Allah. Bahagia itu sederhana. Kami makan tanpa sendok dan minumnya teh hangat sebungkus berdua. Luar biasa.

Setelah makan pagi yang dahsyat spektakuler itu, aku dan mama langsung istirahat buat nonton tv, mandi-mandi, ngeberesin barang-barang karena kami harus check out sebelum jam 12 siang. Hiks, semua ini rasanya terlalu cepat berlalu. Mama dan tante Ning udah janjian buat dijemput jam 12an. Setelah semua beres, kamipun turun ke lantai 1 dan mengurus chck out di resepsionis. Uang deposit minibar alhamdulillah dibalikin setelah sebelumnya aku udah ngelarang mama buat ambil air minum, ambil kopi atau apapun itu yang ada di meja hotel karena takut uang deposit minibar itu terpotong. Sebagai siasatnya, ketika kami ingin minum kopi atau apapun itu, kami harus beli sendiri kopi sachetnya beserta air mineralnya dari depan hotel, daerah pasar Johar itu. Aku emang pelit hahaha. Eh ternyata, uang deposit itu dikembaliin utuh. Agak nyesel sih terakhirnya.

Sambil nungguin tante Ning, aku baca koran, sedangkan mama telpon-telpon ke temennya. Di lobby, ketemu tamu hotel yang agak caem. Kacamataan gitu. Aku kayanya sering banget beberapa hari ini papasan sama cowok caem itu. Ah kan baper maning baper maning. Setelah beberapa saat nunggu, akhirnya tante Ning dan Om dateng nih. Kami hari ini niat banget buat beli lunpia khas Semarang. Aku waktu itu pernah bilang kalo yang terkenal itu di daerah gang lombok, aku taunya juga dari internet sih. Eh sama tante Ning dan Om beneran mau dianterin ke gang lombok. Padahal ya, sebenernya di jalan-jalan mana aja juga ada sih lunpia. Jadi nggak enak sendiri. Tapi mereka bener-bener nganterin ke gang lombok, bener-bener baik banget tante Ning dan Om. Sempet tanya-tanya, kemudian kami sampai juga di gang lombok. Udah masuk, udah parkir eh ternyata lunpianya udah abis. Demi apa -_- Akhirnya kami memutuskan untuk beli lunpia di mana saja. Tante Ning dan Om pun memtuskan beli lunpia di Jalan Mataram. Sepanjang perjalanan keluar dari daerah hgang lombok, di sepanjang jalan banyak banget kelenteng. Ternyata kawasan gang lombok itu masuk kawasan pecinan. Setelah muter-muter, akhirnya kami sampai di Jalan Mataram dan makan lunpia semarang. Lunpia ada dua macam, basah dan goreng. Kami semua pesan lunpia goreng. Setelah nunggu beberapa saat, akhirnya pesanan lunpia datang juga. Satu lunpia goreng dan ukurannya gede. Nyaaaaammm... Lunpianya dimakan pake cabe rawit dan sausnya yg coklat kental gitu. Mantaaap! Minumnya teh botol dong wkwk. Mama nggak lupa bungkus satu besek buat oleh-oleh.

Setelah kenyang makan lunpia, kami bergerak menuju rumah tante Ning dan Om. Kebetulan rumah tante Ning dan Om ini sejalur dengan terminal. Kami memang memutuskan untuk pulang dengan naik bus. Sampai di rumah Tante Ning yang bernuansa hijau itu, kami pun ngobrol. Tante Ning dan Om bener-bener baik banget. Kami sebelum pulang malah dikasih oleh-oleh tahu bakso khas Semarang beserta kue mochi. Waaaah, makasih banyak Tante Ning dan Om. Setelah ngobrol, kami cuss dianterin ke terminal Semarang. Alhamdulillah langsung nemu bus patas jurusan Surabaya. Kami langsung pamitan dan saling melambaikan tangan buat tante Ning dan Om yang baik banget udah nganerin kami kemana-mana selama di Semarang. Kami ngerasa udah punya keluarga baru disana, di Semarang. Tiket busnya murah, cuma 100rb rupiah saja.

Perjalanan ini nggak mungkin terjadi tanpa ada kuasa Allah SWT. Alhamdulillah. Terima kasih kepada Mama tersayang Sukarning Yuliastuti, Tante Ning dan Om, Pak Jas, Adek itu, Mbak-mbak Indomaret Mastrip Probolinggo buat layanan bayar tiket kereta, Supir bis Probolinggo-Surabaya beserta kondektur, Supir Bis Kota Jurusan Terminal Purabaya- Stasiun Pasar Turi Surabaya beserta kondektur, Petugas Kebersihan dan Satpam Stasiun Pasar Turi, Masinis dan kru Kereta Api Cepu Express, Semua penumpkang yang ada di Cepu Express tanggal 25 Maret, Supir taxi yang nganterin dari stasiun menuju hotel, Petugas Resepsionis hotel New Metro Semarang, Bapak Becak yang nganterin jalan-jalan malem, pelayan di Resto Ikan Bakar Cianjur dan Alam Indah, Semua pedagang yang kami temuin selama perjalanan, Semua petugas di destinasi yang kami kunjungin di Semarang mulai dari Pantai Marina, Lawang Sewu, Masjid Agung Jawa Tengah, Kelenteng Sam Poo Kong, Simpang Lima, Fotografer di Lawang Sewu, Supir dan kondektur Bus Patas Semarang-Surabaya serta semua penumpang, Vai, Eja Muhtar dan semua temen-temen chatous aku wkwk, Mobil Karimun Wagon R, Tablet Samsung kesayangan aku, koneksi Internet serta situs kereta api dan www.pegipegi.com. Thank you soooooo much :* .