All About Ujian Komprehensif

Ujian terakhir selama masa perkuliahan. Sungguh, buat sampai ke tahap ini, perjuangannya nggak mudah banget buat aku. Sedikit terjal dan berliku *alay*. Alhamdulillah, kini sudah terlewati dan bisa kuceritakan dengan panjang dan lebar.

Setelah penundaan tanggal 20 Juli 2016 itu...

Senin, 25 Juli 2016

Grup kompre Pak Syafrial yang beranggotakan Puspita Dewi H, Rizky Fitria Septy, Veryno Dwi Handanu, Putri Indah Sari, Diana Ayu Sukmawati dan Zumrotul Mahmudah datang bersama-sama ke ruangan Bapak Syafrial tercinta di gedung FP lantai 2 setelah janjian lewat line. Kami memastikan jadwal untuk ujian yang fix. Bapak bilang jadwal kosong dari tanggal 25-28 Juli. Setelah mendapat kepastian, akhirnya kami gruduk-gruduk ke ruang Pak Arifin a.k.a Pak Ipin untuk mastiin jadwal kompre. Keputusannya kami berurutan ujiannya. Aku dan kiki tgl 26, Veryno dan Pis tgl 27 dan Diana Zumroh tgl 28. Setelah daftar, untuk aku dan kiki, Pak Ipin bilang suruh dateng jam 2 siang buat tau siapa dosen pengujinya. Jam 2 kurang, aku udah di sosek nungguin Pak Ipin, disusul kiki kemudian. Nunggu lama banget, sampe akhirnya kita telepon pak Ipin jam 4-an. Ternyata pak ipin masih ada urusan. Kami nunggu sampe hampir magrib dan pak Ipin pun datang. Akhirnya di ruangan pak ipin kami tahu pengujianya siapa. Sempet ada Mas Ali juga yang ternyata ujiannya barengan tgl 26 dan belum tahu juga pengujinya siapa. Taraaa.. penguji kami berdua adalah Bu Nur Baladina dan Bu Dwi Retno Andriani. Kami langusng menghubungi kedua dosen penguji dan draft-pun akhirnya diletakkan di loker masing-masing dosen. Aku akhirnya pulang dengan sedikit lega dan kecemasan, kepanikan yang banyak. Saat itu mikirnya besok jadi ujian, besok. Besok!

Aku udah janjian mau nginep di kosan Vini. Seperti biasa, dari UTS zaman maba sampe Ujian kompre, selalu nginep disana. Maafkanlah aku yang nomaden ini. Setelah makan malam dan bla bla bla, nyiapin segala perlengkapan dan buku untuk besoknya, udah ribet banget kaya orang mau pindahan. Sempet ketemu Dei pas nunggu angkot, temen kosan aku, dikiranya mau pulkam sangking banyaknya barang yang dibawa. Jam 7 malem, sendirian nunggu angkot dengan bawaan segudang, dan angkotnya lama banget ga ada-ada :( Itu sedihnya banget sih. Aku akhirnya telpon Vini sambil nunggu angkot dan dia nyaranin aku buat nyebrang Jalan Suhat yang ramenya melewati batas kewajaran gitu. Udah tau aku orangnya takut nyebrang malah disuruh nyebrang. Yah kemudian, dengan bantuan pak satpam ATM polinema, aku nyebrang setengah Jalan Sukarno Hatta. Setengahnya lagi bisa nyebrang sendiri *ihir*. Belum nemu angkot juga, eh dia nyuruh aku naik ojek aja. Pangkalannya jauh, dan Vini bener-bener ga ngerti betapa rapuhnya aku saat itu. Aku tetep nunggu sambil ngobrol lama banget gatau ngobrolin apa aja di HP. Finally, ada angkot jugaaaa!!! Senengnyaa!

Nyampe kosan dia, malah ngobrol dulu, bla bla bla dulu bukannya langsung belajar o-h-god! Jam 9 malem kurang berapa gitu, akhirnya mulai serius belajar nyiapin presentasi buat besok yang yah pake bahasa inggris. Mencoba memahamin apa yang aku udah tulis sendiri di skripsi. Mencoba memahami teori-teori dasar yang selama ini udah aku pake di skripsi. Mencoba memahami apa yang udah aku tulis di power-point buat ujian besoknya. Mencoba buat memperbaiki power point, takut ada typo  dan materi yang ga bisa kebaca karena tampilannya yang terlalu norak :v Mencoba menenangkan diri dari mimpi horor ini. Sampai akhirnya jam 12pun tiba. Otakku terlalu penuh. Akhirnya aku dan Vini ngobrol dan mainin gadget. Jam setengah satu tidur. Nggak bisa tidur, gelisah. Jam tiga bangun. Ora et labora alias belajar dan berdoa.

Selasa, 26 Juli 2016

Bukunya sebanyak ini :"
Jam enam pagi, mandi, siap-siap dengan kostum kebanggaan-kemeja putih, rok hitam pinjaman dari Ahris, jilbab hitam, jas almamater pinjaman dari Vini, kaos kaki, sepatu hitam- lalu kemudian jam tujuh lebih aku jalan dari kos Vini dengan bawaan tas yang zuper berat. Isinya buku-buku, draft skripsi, laptop, dan sepatu *fyi, karena sepatunya pake hak, jalnnya lumayan jauh, dan secara aku takut lecet, akhirnya aku jalan ke kampus pake sandal gunung :p*. Sepanjang perjalanan, karena pake rok span yang lumayan ketat *hmm* dan ga biasa pake rok itu, akhirnya jalannya jadi pelaaaaan banget. Persis putri solo. Sepanjang jalan, aku banyak berdoa. Merasa dilihatin orang juga sepanjang jalan. Mungkin dikira mereka ada anak SPG magang . Nyampe kampus jam delapan kurang, dan langsung menuju ke gazebo pasca buat ambil nafas. Perjalanan yang panjang dan berliku. Baca-baca draft skripsi lagi dikit, wassapan sama Kiki, kemudian menuju gedung sosek. Langsung ke ruangan Pak Arifin alias Pak Ipin buat tahu ruangan yang dipake, prepare everything.

Ternyataaa, ruangan yang dipake adalah ruang rapat dua-yang jarang banget dipake ujian-. Ruangannya besaaar. Sempet kesusahan ngehubungin smart TV yang mau dipake buat nampilin slide sama laptop. Awalnya pinjem laptop Kiki yang udah ada HDMI-nya, ternyata ga bisa juga. Pak Arifin lalu mengambil kabel adaptor gitu buat laptop aku yang nggak ada colokan HDMI. Diutak-atik komputernya, remotnya, TVnya juga. Akhirnya bisa. Anehnya selama masuk di ruangan ujian, aku sama sekali nggak deg-degan. Biasa aja. Sangat biasa aja. Tangan ga dingin, jantung ga deg-degan, masih bisa senyum-senyum. Bahkan masih sempet cek IG. Entah kenapa. Kelainan kayanya. Ada mbak Rizky Trisna Puteri dan kak Annisa Hasanah yang dateng buat nyemangatin aku sebelum ujian. Very sweet <3 p="">
<3 p=""> Dosen penguji satu per satu hadir. Awalnya Bu Nur Baladina datang jam 9 kurang, naruh draft dan pergi lagi ke ruangannya. Giliran berikutnya papi aku eh Dosen Pembimbing aku, Pak Syafrial datang, namun kemudian juga pergi. Dosen Penguji lainnya yaitu Bu Dwi Retno Andriani datang. Bu Nur Baladina datang kembali dari ruangannya, Bu Dwi Retno juga sudah datang. Pak Syafrial? Huaaa kemana tadi? Setelah muter-muter kalang kabut sendiri, Pak Arifin pun menyarankan "Telpon ae mbak". Akhirnya akupun menelepon Pak Syafrial. Ternyata beliau menuju ke ruangan pas di depan ruang ujian.

Semua penguji-pun sudah hadir di ruangan. Aku dipersilahkan keluar ruangan sebentar, mungkin 3 menit. Kemudian aku dipanggil kembali masuk ruangan.Ujian Komprehensifpun dimulai. Bapak Syafrial membuka Ujian, lalu kemudian aku dipersilahkan berdoa dan memulai presentasi.

"Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh, Good morning to honorable Mr. Syafrial, Mrs Nur Baladina, and Mrs Dwi Retno Andriani. Thank you for coming in this examination. In this time I will present..."

Aku mempresentasikan skripsiku dengan -yeah- aku membaca slidenya di netbook. Selama presentasi, para dosen mengoreksi draft skripsi dan sesekali memperhatikan presentasiku. Setelah semua tersampaikan, akhirnya dimulailah sesi tanya jawab. Bu Nur Baladina sebagai Dosen Penguji pertama memulai pertanyaan dengan nama panggilan aku siapa. Pertanyaan selanjtnya, alasan memilih judul skripsi ini, Setelah berhasil menjelaskan, pertanyaan pun dilanjutkan. Semua berhubungan dengan skripsi aku. Sempet ditanya juga "Kamu madura negeri apa swasta?" kata Bu Ila :v dan aku jawab dengan polosnya sambil ketawa "Madura Swasta, bu". 
<3 p="">
<3 p="">Bapak Syafrial juga bebrapa kali bertanya diselingi pertanyaan dari Bu Ila. Sesi pertanyaan selanjutnya datang dari Bu Dwi Retno. Beberapa pertanyaan dari para penguji ada yang nggak bisa aku jawab dan berakhir dengan senyuman dan tertawa renyah, manis, gurih dari aku untuk mencairkan hati mereka yang mungkin udah mau "menerkam". Hehehehehe. Di dalam ruangan, tidak ada suasana tegang, semuanya berjalan dengan baik. Tidak ada marah-marah dan nada tinggi. Alhamdulillah, ujian kompre tidak seseram yang aku bayangkansebelumnya. Mungkin inilah jawaban Allah atas doa-doa orang tua, terutama mama dan doa teman-temanku. Setelah satu setengah jam di ruangan, ujian pun berakhir. Awalnya aku disuruh untuk keluar. tapi aku masih mempersiapkan charger untuk laptop yang dipakai dan tiba-tiba Pak Syaf bilang "Kita umumkan sekarang aja". Aku akhirnya kembali duduk. "Saudari Puspita Dewi Hidayaningtyas dinyatakan ...... an"

Seketika aku budeg dan konsentrasi tiba-tiba hilang entah kemana. Aku pun bertanya "Apa Pak?"

Pak Syaf mengulangi dengan lebih pelan dan jelas "Saudari Puspita Dewi Hidayaningtyas dinyatakan tidak mengulangi ujian" 

Aku langsung menutup mulut nggak percaya dan bilang Alhamdulillah. Bu Ila, Pak Syaf dan Bu Dwi Retno sedikit tertawa dan bercanda "Emang kamu mau ujian lagi? Ayo kalau mau ujian lagi". Aku menjawab dengan cengengesan "Engga Bu". Setelah laptop tercolok dengan baik, hasil sudah diumumkan, akhirnya aku keluar ruangan dengan perasaan LEGA! Sempet mau minta foto bareng penguji dan pembimbing, tapi engga kesampaian. Giliran Kiki untuk ujian kompre sekarang.

Di luar ruangan, udah ada Mbak Rizky Trisna, Kak Annisa Hasanah, ada Putri Indah Sari dan Veryno juga. Mereka ngasih ucapan selamat dan akhirnya aku turun ke lantai satu. Mbak Kiki memberikan kadonya di depan ruangan. Rasanya... bahagia, lega, senang, terharu, nano-nano. Yey!

Turun ke lantai 1, udah ada tim hore. Ada Vini, Kak Emalia, Kak Nurlia, dan ada juga anak-anak sebimbingan Pak Syafrial Diana, Zumroh, Wiji, Heni juga. Setelah itu, aku dan tim hore foto-foto merayakan selesainya ujian kompre. Ada kak Ema yang bawa bunga, mbak Kiki ngasih kado dan poster congratulation,  dan parahnya geng malabar --yang kurang karena nggak ada mbak Vega :( -- yang terdiri dari Vini dan Kak Nisa bawa tulisan-tulisan aneh yang berbunyi "Puspita Dewi Hidayaningtyas, SP" *ini belom aneh* "SIAP DILAMAR" dan "MENANTU IDAMAN". APA COBA -_- :v tapi itu yang paling spesial hehe. Ada balon SP warna perak dan balon polkadot warna warni. Ada mahkota yang dibentuk dari susunan bawang putih dan bawang merah buatan Vini. Awalnya dia terinspirasi dari hadiah kompre salah satu temannya buat ngasih hadiah yang bermanfaat, kenapa jadi aplikasinya ke aku dengan bawang pula? -__-. Tapi itu juga yang bikin spesial, different wkwk. Heni bawa pohon kaktus yey thankyou Heni ^^ dan Diana sama PIS bawa makanan hurray. Thankyou semuanyaaaa. Sebenernya ngga perlu kado, doa dari kalian aja udah sangat berarti rek :")
<3 p="">

Kak Nisa, Vini, Anak ilang, Mbak Kiki dan Kak Ema

With Mbak Kiki and Kak Lia

With @anisyae a.k.a Anisya Erisca

With Vini dan Kak Nisa geng Malabar Kece

Un-oficially SP (Siap Party, Siap ke Pasar, Siap ke Pelaminan *eh*)
<3 p="">
Setelah Kiki selesai, kami menunggu pengumuman Kiki dan membereskan laptop dan semua yang ada di dalam ruangan. Foto sesi kedua dimulai dengan teman-teman sebimbingan hehe. kami semua dinyatakan tidak mengulang ujian. Alhamdulillah. Kloter satu kompre selesai, besoknya masih ada giliran Veryno, PIS, diana dan Zumroh.

Pulangnya, aku kembali ke kosan Vini. Ngga kuat jalan kaki dengan bawaan sebanyak itu, akhirnya aku dan Vini memutuskan untuk naik angkot. Balon polkadot terpaksa dikempesin dulu karena ga mungkin muat di angkot dibawa melembung begitu :v. Akhirnyaaaa, kembali ke kosan Vini dengan selamat dan bahagia, dan sejenak melupakan revisi yang sudah menanti :D
<3 p="">
Thankyou all ^^
<3 p="">

Biggest thanks to Allah SWT, mama, ayah, Dosen Pembimbing dan Dosen Penguji Bapak Dr.Ir. Syafrial, MS, Ibu Nur Baladina, SP., MP, Ibu Dwi Retno Andriani, SP., MP, Seluruh dosen FP UB , baik dari jurusan sosek maupun jurusan lain yang udah memberikan ilmu, nasihat, moivasi hidup, cerita kehidupan selama ini, terima kasih banyak, Pak, Bu, semoga ilmu yang Saya terima menjadi ilmu yang bermanfaat. Aamiin

Thank you very much for Vini, Maya, Kak Nisa, Kak Ema, Mbak Kiki, Mbak Gendhis kesayangan yang paling ngerti proses skripsi aku jatuh bangunnya kaya apa :" teman-teman satu bimbingan yang support terus, terutama grup kompre pak Syaf yang berjuang bareng, semua sahabat dan teman-teman yang selalu mendukung dan mendoakanku, I have nothing without all of you, guys. Terima kasih juga untuk Pak Arifin yang sudah ngaturin jadwal. I love you all.

Abis ini yudisium, wisuda, terus ngapain? Hahahaha sungguh, kesenangan ini hanya sementara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

len-jelenan ke bali jegeg

Just a reminder :)

Inspirasi Perjuangan dari seorang Karmaka Surjaudaja