Kehidupan kampus yang sebenarnya (bukan seperti sinetron)

Hai, kembali lagi bersama aku :)

Buat teman-teman semua yang mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi alias kuliah berikut ini akan aku ceritakan bagaimana sesungguhnya kehidupan kampus yang sangat berbeda dengan apa yang kalian bayangkan atau lihat di sinetron.

1. Keliatannya di sinetron, kuliah itu santai, ga ada beban, bebas tugas. NO! itu salah. Tugas yang ada pada saat kalian kuliah itu, ya mungkin ada sih yang sedikit, tapi ada juga yang BANYAK banget. Tugasnya yang paling umum sih makalah, paper, bikin presentasi, dan tugas-tugas soal-soal. Ngerjain modul  (atau istilah di sekolah LKS) juga masih ada sih.

2. Dosen yang ngajar itu karakternya bermacam-macam. Ada yang baik, ada yang killer tersembunyi (keliatannya baik tapi nilainya pelit), ada yang benar-benar ganas (suka ngomel, atau bikin merinding) ada juga yang jarang masuk, ya begitulah. Intinya kenalin semua karakter mereka agar kamu nggak rugi nantinya untuk masalah nilai dan lainnya.

3. Organisasi yang ada di kampus itu buanyaak banget. Jadi kalau ingin berkembang, ya pilihlah salah satu yang sesuai sama minatmu. Jujur, organisasi sangat membantu kita dalam kuliah dan lainnya. (meskipun sebenarnya aku juga belum terlalu aktif :D)

4. Di kampus itu banyak kegiatan contohnya kaya seminar, lomba segala macam lomba, dan acara-acara yang sangat bermanfaat banget kalau kamu mau ngikutin. Intinya ada kemauan dan niat lah.

5. Jelasnya, kehidupan di kampus itu sedikit lebih "individualis" dari pada saat sekolah dulu. Kedewasaan sangat dituntut. Jangan sampai deh kita masih bersifat kekanak-kanakan dan menggantungkan teman pada saat kuliah. Karena sekarang persaingan yang sesungguhnya telah dimulai.

6. Kalau kamu punya opini, pendapat, dan sebagainya yang ingin kamu bicarain, jangan asal ngomong. Semua harus ada dasarnya baik dari internet maupun dari buku yang jelas sumbernya , dan jelasnya lagi NO PLAGIARISM!

So, that's my opinion. Yaa, setelah melewati dua semester kuliah yang berbeda 180 derajat dari masa sekolah dulu. Semoga bisa sedikit membuka mata kalian semua yang mau nerusin kuliah supaya nggak tertipu dengan apa yang ada di sinetron (kaya aku dulu :D)

Thank's. Semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

len-jelenan ke bali jegeg

Just a reminder :)

Inspirasi Perjuangan dari seorang Karmaka Surjaudaja